Selamat datang di Settiablog

Monday, January 9, 2012

Sejarah MIM 1 Pangkatrejo


Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Desa Pangkatrejo Kecamatan Maduran yang berlokasi di pinggir bantaran bengawan Solo, pada dasarnya sejarahnya banyak tidakdikenal oleh masyarakat banyak dikarenakan tidak ada bukti tertulis, kalaupun ada banyak yang kontra, namun menurut para sesepuh bahwa MI Muhammadiyah 01 Pangkatrejo adalah kelanjutan atau cikal bakal dari madrasah yang ada pada masa jaman penjajahan kompeni Belanda tempo dulu, yang didirikan oleh Ust. K. SUFYAN ABDULAH dan Ust. H. JAELAN dengan nama Madrasah Al-Abdaniya.
            Karena adanya perubahan situasi dan kondisi pada saat itu, maka nama Madrasah itu diubah atau diganti dengan ”Pondok Pesantren Al-Abdaliyah” kemudian diganti dengan nama ”HIS HOLLAN INDISHE SCHOOL” dan diubah kembali menjadi “Madrasah Al-Abdaliyah” dan terakhir diubah menjadi MIM (Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah)
            Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 01 Pangkatrejo dicetuskan oleh tiga orang (tiga serangkai) yaitu :
1.     Bapak/ Ust. Abdullah
2.     Bapak/Ust. Abdul Hamid
3.     Bapak/Ust. Bayyinah
Ketiga orang tersebut asli penduduk Masyarakat Pangkatrejo Kecamatan Maduran, beliau-beliau kini telah tiada (berpulang ke adirat Allah Yang Maha Kuasa). Menurut data yang ada MIM 01 Pangkatrejo didirikan pada tahun 1943.
            Dengan demikian Balai Pendidikan MIM 01 Pangkatrejo adalah Lembaga Pendidikan tertua yang dipersembahkan untuk semua anak bangsa tanpa memandang suku, ras dan golongan. MIM 01 Pangkatrejo “BERDIRI DIATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN” dan selalu siap bekerja keras untuk menghantarkan putra-putri bangsa menjadi anak yang mandiri dengan Life Skill dan mampu menghadapi kehidupan global dengan kompetensi yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.